jus! juice!

sudah seminggu terakhir ini aku ngejus. setelah merelakan uang belanja seminggu, investasilah aku di mesin jus, alias juicer atau juice extractor. investasi yg perlu, karena

1) sayur&buah murahhh, tapi kurang maksimal terserap nutrisinya oleh tubuhku. contohnya: wortel dan bayam. mosok sayur sop melulu? bisa bosen.. gak segar pula. tapi kalau diramu2 dgn campuran buah macem2, dijamin gak bosan. apalagi hasil nutrisinya cuma 1 gelas. gluk gluk.. segarrr.. dan aku tidak perlu kedinginan dgn jus jus yg bisa beli di toko tapi musti masuk kulkas (gak kuat minum dingin). lebih baik bikin jus yg segar.

2) selain itu, memakan sayur & buah mentah adalah obat paling manjur untuk tubuh kita! ajegile aje, yg kanker sembuh karena rajin ngejus ada lho. contohnya orang ini. tapi emang perjuangan dia luar biasa. makan jus wortel bergelas2 dalam sehari, bisa nahan napsu makan yg lain! di situlah dia disiplin, dan tubuhnya bisa lebih kuat melawan penyakitnya karena hanya menerima nutrisi dalam bentuk natural yg ada di alam. ada juga pengalaman pak dokter iniย yg mencatat proses kesembuhan 50 pasiennya dalam suatu buku.

3) lebih bagus daripada blender, karena mesin ini mengeluarkan sari2 nutrisinya saja, sehingga penyerapannya oleh tubuh lebih baik (tidak terganggu serat2 segambreng). sisa ampasnya bisa dibikin perkedel (utk ampas wortel). lebih sehat drpd perkedel kentang ๐Ÿ˜‰ bisa juga dipakai utk kompos pupuk tanaman.

DSC_0800

langsung saja ya.. resep2 favoritku ditemukan di website ini.. wah enak2 deh, dan ditulis itu utk 1 atau 2 gelas (1gelas=250ml). lalu untuk tips ngejus for beginner, bisa baca di sini, salah satunya adalah minum jus pagi2 waktu perut lagi kosong.

catat ya, jus itu natural, tanpa tambahan apa2. bojoku sudah wanti2 minta tambah madu, tapi ternyata kok udah manis? dia heran. lalu kujawab, “lah wortel dan apel kan manisss” emangnye selama ini makan apel pake gula? nah, madu aja gak perlu, apalagi gula! no way.. stop gula yah!ย bahkan udah ditambah lemon pun tetap enak..

jika anda sehat, gunakanlah jus sebagai semacam jamu. semacam terapi sehari sekali atau seminggu sekali (tapi seharian penuh ngejus).

contoh resep2 yg sudah kucoba:

1) 2 apel kecil & 1 wortel besar & separoh lemon, resep yg kucoba sendiri karena apel+wortel banyak direkomendasikan oleh situs2 penyegaran badan. sarapan dgn ini tidak perlu makan yg lain banyak2. energi dari jus ini sudah cukup banyak.

2) 1 apel & 1 wortel besar & setangkup bayam & 1cm jahe, resep dari sini, alternatif untuk resep di atas kalau lagi ada bayam. nambah zat besi, dan jahe menambah daya tahan tubuh dan pelindung lambung. cocok utk sarapan.

3) 1 apel & separoh timun & setangkup bayam & separoh lemon & 1.5cm jahe, resep dari sini, segar di timun dan lemonnya. segar untuk waktu senggang, daripada ngemil yg nggak2 ๐Ÿ˜€

*****

cobalah jus lain dgn sayur2an hijau. seorang kakek sodara, umur 75 thn masih sehat bugar jalan banyak tiap hari dan jarang sakit. doi minum jus sayur2an hijau tiap pagi. brokoli, bayam, kangkung, bok choi…

contoh:ย resep brokoli+bayam+timun

*****

resep2 lain yg ingin kucoba menggunakan celery, alias batang seledri. itu sayur murah di sini, dan bergiziii ๐Ÿ˜€

wortel+celery+lemon

apel+celery+bayam

ps: setangkup bayam = satu tangan membentuk seperti mangkok untuk menampung si bayam

pss: artikel tips2 menyimpan wortelย ๐Ÿ˜‰

10 thoughts on “jus! juice!

  1. Assalamu’alaikum jeng Onit. Senang sekali rasanya kita bisa ketemu lagi di sini. Saya langsung ikuti ah, rugi soalnya kalau kepisah lagi.

    Salam sehat selalu!

  2. Niit! kerenn!! aku juga mo mulai ah. Dan sudah sebulan ini aku bikin yogurt sendiri ^^ lebih enak dan gak tercampur sweetener lain seperti kalau kita beli jadi hehe.

  3. hore hidup sehat..
    daku suka wortel+bayam+belimbing+apel, nenas+apel+seleri, bit+semangka+sawi.. suka deh campur buah dan sayur..
    kadang bosen juga pake juicer, pengen ngeblender pepayajerukseledri, pisangstoberitimun..

    • di situ ada seleri mbak? di sini ga ada belimbing ^^;;;

      iya kalo yg lembek2 seperti pepaya/pisang, atau yg banyak air seperti timun/tomat, bisa pake blender ajah

      • ada seleri yang batangnya tebel.. suka deh dikunyah mentahmentah juga..
        yang lembek suka juga dijuicer biar ada rasa aja..

Leave a comment